Sutarti, S.Pd.SD

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Intip Isi Piringku Yukk!

Intip Isi Piringku Yukk!

Rabu, 22 Januari 2020

Makanan pokok adalah pangan yang mengandung karbohidrat yang sering dikonsumsi atau telah menjadi bagian dari budaya makan berbagai etnik di Indonesia sejak lama.

Makanan pokok beragam, sesuai dengan keadaan tempat dan budaya serta kearifan lokal contoh beras, jagung, singkong, ubi, talas, sagu, dan produk olahannya ( roti, pasta, mie dll )

Syarat makanan pokok dijadikan sebagai bahan makanan pokok adalah :

1. Mengandung karbohidrat ( HA )

2. Bersifat mengenyangkan

3. Rasanya netral

4. Murah harganya

5. Mudah ditanam

6. Mudah didapat

7. Mudah diolah

8. Dapat disimpan lebih lama

Lauk-pauk ( Sumber protein )

Lauk pauk terdiri dari pangan sumber protein hewani dan pangan sumber protein nabati. Lauk-pauk hewani; daging ( sapi, kambing dll ), unggas ( ayam, bebek, dll ), ikan termasuk hasil laut, telur, susu dan hasil olahnya. Sedangkan lauk-pauk nabati berupa tahu, tempe, kacang-kacangan ( kacang tolo, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau dll )

Sayur-sayuran ( Sumber Vitamin dan Mineral )

Sayuran merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam sayuran berperan sebagai anti oksidan. Beberapa sayuran dapat dikonsumsi mentah tanpa dimasak terlebih dahulu sementara yang lainnya dapat dimasak dengan cara dikukus, direbus, dan ditumis.

Manfaat yang terkandung dalam sayuran, di antaranya adalah:

1. Mencegah dan mengurangi stres berlebih

2. Memperlancar buang air besar

3. Mencegah penyakit jantung dan kanker

4. Mempertahankan berat badan seimbang

5. Menjaga kesehatan mata

6. Membuat kulit sehat

Buah-buahan ( Sumber vitamin dan mineral )

Buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin (Vit A, B, B6, C ), mineral dan serat pangan. Sebagian vitamin, mineral yang terkandung dalam buah-buahan berperan sebagai anti oksidan.

Manfaat buah-buahan untuk tubuh sangat banyak dan beragam, buah umumnya merupakan salah satu kebutuhan untuk hidup sehat.

Manfaat buah untuk tubuh :

1. Sumber vitamin dan mineral

2. Sumber serat, buah merupakan sumber serat alami yang membantu proses pencernaan makanan

3. Sumber air, buah merupakan salah satu sumber air yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Sementara itu dulu

Salam Literasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post